Info Terbaru 2022

Rangkuman Bahan Un/Unkb Bahasa Indonesia Sma/Smk/Ma/Mak: Teladan Soal Dan Pembahasan Per Skl 3

Rangkuman Bahan Un/Unkb Bahasa Indonesia Sma/Smk/Ma/Mak: Teladan Soal
Dan Pembahasan Per Skl 3
Rangkuman Bahan Un/Unkb Bahasa Indonesia Sma/Smk/Ma/Mak: Teladan Soal
Dan Pembahasan Per Skl 3
Rangkuman Materi UN/UNBK Bahasa Indonesia SMA/SMK/MA/MAK: Contoh Soal dan Pembahasan Per SKL bab ketiga, merupakan lanjutan rangkuman bagian pertama mengenai Paragraf dan bagian kedua yang berisikan bahan tentang Tajuk Rencana, Karya Tulis Ilmiah, dan Teks Pidato. Pada bab ke-3, anda sanggup mempelajari rangkuman dan pola soal b. Indonesia wacana "Resensi, Esai, Kritik, dan Biografi".

Oh ya, bagi anda yang mau eksklusif ke pola soal dan pembahasan per SKLnya, sanggup eksklusif gulir mouse anda ke bab bawah, tanpa harus membaca rangkuman ini terlebih dahulu.

Oke, berikut ini rangkumannya.

3# Resensi, Esai, Kritik, dan Biografi 

Resensi

Prinsip atau unsur-unsur yang harus ada dalam sebuah resensi buku sebagai berikut.
a. Judul resensi harus menarik dan menggambarkan isi buku.
b. Identitas Buku, menyerupai judul, nama pengarang, nama kota, dan penerbit, jumlah halaman, cover serta harga buku.
c. Kepengarangan berupa latar kepengarangan pengarang, buku-buku yang pernah ditulis pengarang, pengahrgaan yang pernah diraih, dan dari mana penghargaan itu berasal.
d. Inti dongeng atau synopsis, diungkapkan secara singkat, menarik, dan menggambarkan masalah yang muncul dalam buku serta pelaku utama dalam cerita.
e. Penilaian wacana unsur intrinsic, baik kelemahan maupun keunggulannya.
f. Bahasa pengarang dalam buku
g. Kesimpulan terhadap buku yang diresensi dan sanggup disertai undangan kepada pembaca untuk membaca buku tersebut.

Esai dan Kritik

Menurut H. B. Jassin, esai yaitu uraian singkat yang membicarakan bermacam-macam hal dan tidak teratur menyerupai di petik dari banyak sekali jalan pikiran. Dalam esai akan terlihat cita-cita perilaku terhadap soal yang dibicarakan dan terhadap kehidupan seluruhnya. Kritik yaitu karangan yang menciptakan evaluasi baik-buruk atas karya yang sedang di bahas. Penyajiannya harus sistematis dan mengacu kepada teori atau aturan-aturan bidang tertentu yang sesuai dengan karakteristiknya.

Biografi Tokoh

Biografi tokoh yaitu riwayat hidup seorang tokoh semenjak dilahirkan hingga meninggal. Tujuan membaca buku biografi sebagai berikut.
a. Mencari hal-hal yang menarik atau mengagumkan dari perjalanan hidup tokoh
b. Mencari hal yang sanggup dicontoh atau diteladani dari sosok tokoh tersebut untuk kehidupan sendiri
c. Mencari keistimewaan dari tokoh tersebut
Unsur-unsur yang terdapat dalam biografi;
a. tempat dan tanggal lahir
b. riwayat pendidikan
c. riwayat pekerjaan
d. perjalanan karir, dan
e. karya-karya yang telah dipublikasikan

Latihan Soal Tipe UN/UNBK B. Indonesia dan Pembahasannya 3#

1. Bacalah kalimat resensi berikut dengan saksama!
Banyak buku lain yang memuat goresan pena para anggota Forum Lingkar Pena (FLP), baik di sentra maupun di daerah-daerah. Buku ini bahasanya halus dan lancer. Pengarang berdakwah lewat cerita. Kekuatan visinya jelas. Seluruh royalty buku yang diterima para penulis akan didedikasikan kepada Yusakh Ananda, seorang yang sudah renta, tetapi masih setia menulis sambil berjualan di kantin sekolah.
Kalimat resensi yang berupa keunggulan buku menurut klarifikasi tersebut yaitu ….
a. Para penulis yang tergabung dalam lembaga Lingkar Pena telah membuat  banyak buku di sentra dan daerah.
b. Bahasa yang dipakai halus dan lancar, kekuatan visi dongeng disampaikan melalui dakwah
c. Yusakh Ananda merupakan penulis bau tanah yang tetap berkarya sambil berjualan di kantin sekolah.
d. Seluruh royalti yang diterima penulis anggota FLP akan disumbangkan kepada Yusakh Ananda.
e. Para penulis anggota FLP sangat peduli terhadap visi, dakwah, dan pemakaian bahasa yang halus dan lancar dalam karya mereka.
Jawaban: B

Pembahasan:
Kalimat yang menyampaikan keunggulan buku yaitu dikala mengomentari bahasa yang dipakai dan kekuatan dongeng yang disampaikan melalui dakwah. Hal ini terlihat dalam kalimat, "Buku ini bahasanya halus dan lancar. Pengarang berdakwah lewat cerita. Kekuatan visinya jelas."

2. Bacalah kutipan esai berikut dengan saksama!
Kesenjangan di Indonesia cenderung naik pada tahun-tahun ini. Kesenjangan itu Nampak menyerupai berikut. Pertama, adanya peningkatan kesenjangan pemilikan lahan sector pertanian. Kedua, adanya kesenjangan terusan untuk memasuki acara ekonomi sebgaai sumber pendapatan. Di sektor pertanian, misalnya, petani kecil kesulitan mendapat kredit. Ketiga, kesenjangan untuk mendapat terusan pelayanan dasar, menyerupai pendidikan dan kesehatan.
Hal yang diungkapkan dalam esai tersebut yaitu ….
a. Kesenjangan merupakan salah satu pokok masalah ekonomi kita akhir-akhir ini.
b. Petani semakin sulit hidupnya sehingga lahan pertaniaannya semakin menipis
c. Kesenjangan yang terjadi antara petani dengan pemerintah Indonesia
d. Pendidikan dan kesehatan semakin tidak dijangkauoleh petani
e. Petani kecil selalu mendapat kesulitan untuk memperoleh kredit dari pemerintah
Jawaban: A

Pembahasan:
Untuk menemukan hal yang hendak disampaikan sebuah esai, kita harus mencari kalimat utamanya. Kalimat utama dalam paragraf esai berikut yaitu kalimat di awall paragraf yang menyampaikan bahwa kesenjangan merupakan salah satu pokok masalah ekonomi negara kita akhir-akhir ini.

Lanjut ke bab keempat mengenai bahan wacana Surat Resmi => Rangkuman Materi UN/UNKB Bahasa Indonesia SMA/SMK/MA/MAK: Contoh Soal dan Pembahasan Per SKL 4
Advertisement

Iklan Sidebar