Info Terbaru 2022

Soal Un/Unbk Sosiologi Dan Kunci Balasan Lengkap Dengan Pembahasan

Soal Un/Unbk Sosiologi Dan Kunci Balasan Lengkap Dengan Pembahasan
Soal Un/Unbk Sosiologi Dan Kunci Balasan Lengkap Dengan Pembahasan
Soal UN/UNBK Sosiologi dan Kunci Jawaban Lengkap dengan Pembahasan tahun 2019, admin persembahkan untuk siswa Sekolah Menengan Atas yang akan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer. Semua soal-soal yang ada merupakan contoh soal dengan pembahasan sesuai dengan SKL Sosiologi yang diambil dari tahun-tahun sebelumnya. Kaprikornus sangat cocok dijadikan tumpuan berguru dalam rangka menghadapi Ujian Nasional yang sebenarnya. Sebelumnya, blog kumpulan soal ini telah mempublish/posting goresan pena prediksi soal UN Sosiologi, tetapi ada perbedaan fundamental dengan goresan pena ini. Letak perbedaannya adalah, soal-soal sebelumnya diambil dari semua materi sosiologi kelas 12 semester genap.

Baca juga: Contoh Soal USBN Sosiologi Sekolah Menengan Atas dan Kunci Jawabannya

Baiklah....lanjut ke soal UNBK Sosiologi beserta tanggapan dengan materi mengenai konsep dan objek kajian sosiologi, seperti: Objek Kajian, Manfaat, Metode, dan Ciri-ciri Ilmu Sosiologi, Terjadinya Interaksi Dan Faktor-Faktor yang memengaruhi Interaksi Sosial, Jenis-Jenis Interaksi Sosial dan Gejala Sosial, ibarat berikut di bawah ini:

1. Perhatikan pernyataan berikut.
(1) Mempelajari interaksi yang terjadi dalam hubungan sosial
(2) Ilmu yang mempelajari gejala-gejala alam dalam masyarakat
(3) Disusun menurut fakta sosial yang diteliti dan disusun secara logis
(4) Peneliti berpihak pada seorang tokoh yang diteliti
(5) Berusaha menganalisis  sebuah realitas sosial.
Ciri-ciri sosiologi ditunjukan pada nomor ….
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (5)
d. (2), (4), dan (5)
e. (3), (4), dan (5)
Jawaban: C
Pembahasan:
Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari gejala-gejala sosial yang disusun menurut fakta-fakta sosial secara logis, empiris, atau sesuai dengan kenyataan tanpa berpihak pada satu tokoh.

2. Seorang sosiolog menunjukkan data tingkat kepuasan siswa terhadap penyelenggaraan Ujian Nasional 2014/2015. Data ini kemudian dipakai senagai materi perbaikan pelaksanaan ujian nasional di tahun berikutnya. Dalam contoh tersebut sosiologi bermanfaat sebagai ….
a. pengukur setiap kebijakan pemerintah
b. sumber data perbaikan aktivitas pemerintah
c. perencanaan setiap kebijakan pemerintah
d. tolak ukur keberhasilan kebijakan pemerintah
e. pemecah problem sosial dalam masyarakat
Jawaban: B
Pembahasan:
Sosiologi mempunyai manfaat penelitian dan manfaat pembangunan. Penelitian sosiologi  bermanfaat sebagai penyedia data untuk memecahkan problem sosial dan memperbaiki kebijakan pemerintah sehingga sesuai dengan kondisi masyarakat.

3. Seorang sosiolog dalam melaksanakan penelitian selalu mendasarkan pada kenyataan yang ada di lapangan dan logika sehat. Sesuai dengan pernyataan tersebut sosiologi bersifat …..
a. empiris
b. teoritis
c. kumulatif
d. non-etis
e. etis
Jawaban: A
Pembahasan:
Sosiologi bersifat empiris, artinya dalam penelitian sosiologi harus sesuai dengan fakta-fakta yang ada dan logika sehat sehingga menghasilkan kesimpulan yang objektif.

4. Seorang walikota ingin melaksanakan perbaikan pada sistem tata kota diwilayahnya. Hal tersebut dilakukan supaya tata kota terlihat lebih indah dan nyaman. Untuk itu, sosiolog membantunya menunjukkan data yang akurat perihal kebutuhan masyarakat pada keindahan kota. Manfaat sosiologi dalam masalah tersebut ialah untuk ….
a. penelitian
b. pencegahan
c. pengawasan
d. penyelesaian
e. pembangunan
Jawaban: A
Pembahasan:
Sosiologi sanggup bermanfaat dalam menunjukkan sumbangsih data penelitian kepada pemerintah sehingga data tersebut sanggup dipakai sebagai contoh pemerintah untuk memilih kebijakan-kebijakan yang sesuai dengan kondisi dalam masyarakat.

5. Sebelum menunjukkan izin pendirian sentra perbelanjaan, walikota minta sosiolog untuk menunjukkan masukan perihal pengaruh sosial pembangunan sentra perbelanjaan terhadap masyarakat. Dengan demikian, fungsi kajian sosiologi dalam masalah tersebut ialah ….
a. Sumber data perencanaan pembangunan kota
b. Pelaksana Pembangunan tata kota
c. memberi masukan kepada pemerintah
d. mengurangi pengaruh pembangunan di kota
e. mencegah pembangunan yang tidak ramah lingkungan
Jawaban: A
Pembahasan:
Salah satu manfaat sosiologi ialah sebagai sumber data perencanaan pembangunan melalui kajian sosiologis sehingga diperoleh planning pembangunan yang sempurna sesuai dengan kondisi sosial masyarakat.

6. Santi sangat mengidolakan artis perempuan dari Korea. Santi mulai memutihkan wajahnya, menggandakan gaya dan perilakunya supaya terlihat sama ibarat artis idolanya tersebut. sikap tersebut merupakan contoh interaksi sosial yang didasari oleh faktor …..
a. imitasi
b. empati
c. sugesti
d. simpati
e. identifikasi
Jawaban: E
Pembahasan:
Perilaku seorang pengagum terhadap artis merupakan identifikasi alasannya ialah penggemar berusaha menjadi sama persis dengan artis iolanya.

7. Sandra sudah setahun berada di amerika, tetapi ia tetap berkomunikasi dengan sahabatnya melalui e-mail. Setiap sahabatnya mengirim e-mail Sandra selalu membalasnya. Ciri interaksi dalam pernyataan tersebut ialah ….
a. Sandra mengirim e-mail kepada sahabatnya
b. hubungan persahabatan Sandra
c. Sandra sahabat yang baik
d. e-mail Sandra belum dibalas oleh temannya
e. terjadinya komunikasi antara Sandra dan sahabatnya
Jawaban: E
Pembahasan:
Interaksi sosial sanggup terjadi apabila terjadi kontak dan komunikasi. Dalam pernyataan di atas, makna pesan yang disampaikan Sandra melalui e-email diterima oleh sahabatnya.

8. Robi tergolong sisw yang tidak mampu, ia sempat tidak percaya diri ketika bergaul dengan sahabat sekolahnya yang berasal dari keluarga bisa dan kaya. Robi kemudian berkonsultasi dengan guru BK. Atas saran dan bimbingan dari guru BK, robi tergolong untuk menjadi lebih percaya diri dan memahami bahw yang memilih kesuksesan bukan dari kaya atau miskinnya seseorang tetapi dari prestasinya. Deskripsi di atas ialah contoh interaksi sosial yang didasari oleh faktor ….
a. imitasi
b. sugesti
c. motivasi
d. identifikasi
e. empati
Jawaban: C
Pembahasan:
Motivasi merupakan dorongan yang sanggup memicu individu untuk melaksanakan sesuatu. Motivasi sanggup muncul dari dalam diri sendiri maupun berasal dari orang lain.

9. Pak gatot murka kepada tetangganya yang sedang membangun rumah alasannya ialah melanggar batas tanah yang sudah disepakati sebelumnya. Dalam situasi tersebut pak lurah mencoba membantu menuntaskan permasalahan tersebut di kantor balai desa. Hasilnya, sengketa antara kedua pihak tersebut tidak mengakibatkan konflik berkepanjangan. Benuk kemudahan dalam contoh tersebut adalah….
a. mediasi
b. asimilasi
c. ajudikasi
d. akulturasi
e. kerja sama
Jawaban: A
Pembahasan: 
Dalam masalah tersebut, diselesaikan melalui pihak ketiga yang netral dan berfungsi sebagai penengah. Jadi, kemudahan ibarat ini dinamakan mediasi.

10. Pergantian rektor di salah satu universitas menciptakan banyak sekali pihak harus menyesuaikan pola kepemimpinan rektor yang dikenal sangat disiplin, rajin, dan tegas. Dalam kepemimpinannya diberlakukan ketidakhadiran online sehingga mahasiswa yang sering tidak masuk wajib masuk. Interaksi rektor dengan mahasiswa tersebut merupakan proses asosiatif yang berbentuk ….
a. koersi
b. koalisi
c. kooptasi
d. kontroversi
e. kontravensi
Jawaban: C
Pembahasan:
Dalam contoh soal tersebut terjadi bentuk dominasi dari penguasa, yaitu dosen dan mahasiswa yang harus mematuhi hukum yang dibentuk rektor yang lebih berkuasa. Proses tersebut termasuk kooptasi.

11. Menjelang pemilihan presiden, partai-partai politik melaksanakan kolaborasi dan membentuk satu kekuatan untuk mengusung kemenangan calon presiden yng didukungnya. Bentuk kolaborasi yang terjadi dalam fenomena tersebut ialah …..
a. joint venture
b. kooptasi
c. merger
d. bargaining
e. koalisi
Jawaban: E
Pembahasan:
Koalisi merupakan salah satu bentuk kolaborasi berup penggabungan atau kolaborasi partai-partai politik demi mencapai tujuan bersama. Kerja sama merupakan proses interaksi sosial asosiatif.

12. Gejala sosial yang terjadi secara tidak normal (abnormal) sanggup mengakibatkan terjadinya ….
a. problem sosial
b. interaksi sosial
c. fenomena sosial
d. keteraturan sosial
e. problem individu
Jawaban: A
Pembahasan: 
Gejala sosial yang terjadi secara gila sanggup memicu munculnya problem sosial dalam masyarakat alasannya ialah masyarakat tidak menginginkan tanda-tanda tersebut.

13. Perhatikan tanda-tanda sosial berikut.
(1) munculnya pelapisan sosial masyarakat
(2) adanya normal sosial gres pada masyarakat kota.
(3) perkelahian antar pelajar Sekolah Menengan Atas di kota besar.
(4) penyalahgunaan obat terlarang
(5) masyarakat terserang virus flu burung
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (2), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (5)
e. (3), (4), dan (5)
Jawaban: E
Pembahasan: 
Gejala sosial pada nomor (3), (4), dan (5) merupakan tanda-tanda sosial yang terjadi secara tidak masuk akal dan tidak diinginkan oleh masyarakat sehingga berpotensi mengakibatkan problem sosial.

14. untuk menghindari adanya pelecehan dalam angkatan umum, muncul hukum gres dengan memisahkan pintu masuk dan daerah duduk laki-laki dan perempuan dalam angkutan umum. Berikut ini pernyataan yang sesuai menurut tanda-tanda sosial tersebut ialah …..
a. pemisah daerah duduk merupakan tanda-tanda sosial yang masuk akal sesuai harapan masyarakat
b. pemisahan sempurna duduk merupakan tanda-tanda sosial yang bersumber pada problem ekonomi
c. pemisahan daerah duduk merupakan tanda-tanda sosial yang bersumber pada problem biologis
d. pemisahan daerah duduk sebagai tanda-tanda sosial yang berpotensi mengakibatkan problem sosial
e. pemisahan daerah duduk merupakan tanda-tanda sosial yang terjadi secara tidak wajar
Jawaban: A
Pembahasan: 
Pemisahan daerah duduk termasuk dalam norma gres yang muncul dalam masyarakat yang terjadi secara masuk akal alasannya ialah masyarakat menginginkan nya untuk menghindari pelecehan.

Lanjut ke soal nomor 15-26 => Soal UN/UNBK Sosiologi dan Kunci Jawaban Lengkap dengan Pembahasan Part-2
Advertisement

Iklan Sidebar